Social Network Makes Us Less Human

9:08 AM Unknown 3 Comments

Sejak gw mematikan akun-akun jejaring sosial gw, banyak temen-temen  gw  yang menanyakan maksud "pengunduran diri" gw dari dunia maya. Bahkan sampai ada reaksi yang cenderung mencemooh tindakan  gw ini.

"Lah kenapa, se?
"Facebook lu deactivate, se? Ngapain?"
"Lu ga punya facebook twitter lagi? Cacat!"

Pertamanya sih pertanyaan-pertanyaan itu masih gw layani tapi lama-lama cape juga gw ngejelasin maksud  gw ke semua orang yang pengen tahu (gw aja kali ya yang geer,haha). Ya udah gw memutuskan menjelaskannya lewat post ini aja, itung-itung mungkin bisa jadi post yang bisa ngasih sudut pandang baru bagi orang-orang yang tidak sependapat.

Gw ngerasa dengan adanya jejaring sosial, apa ya kata-katanya...it makes us...less human. Orang jadi terlalu peduli apa yang terjadi di layar monitor mereka dan mulai tak acuh sama dunia aslinya. Gw kasih contoh, mungkin dulu ketika kita melihat matahari terbenam di depan kita, kita hanya akan duduk, menikmati keindahannya. Tapi sekarang? Orang sibuk mengetik di Blackberry nya "Gila! Sunsetnya indah banget!". Tweet sent. Sekarang orang menikmati sesuatu hanya untuk memamerkannya di dunia maya. Facebook dan Twitter udah kayak jurnal hidup yang dijual murah. Padahal gada yang peduli. Setidaknya gw tahu gw ga.

Coba deh inget-inget waktu dulu saat jejaring sosial belum marak-maraknya. Inget gak waktu dulu ucapan ulang tahun masih pake kartu ucapan? Waktu kita masih nyimpen foto-foto kenangan di album butek? Waktu kita pergi ke taman tanpa tahu ada temen-temen yang nongkrong atau ga tapi toh kita tetep pergi?
Ngerasa ga sih kalo saat-saat itu semuanya, walaupun mungkin lebih repot, lebih berarti? Lebih meaning lah istilahnya. Haha call me cliche but deep down you know i'm right.

Dan satu hal lagi yang gw benci dari jejaring sosial, jejaring sosial bikin manusia jadi gampang nge-judge orang lain. Sering banget gw denger temen gw bilang ih dia kan ini, ih dia kan itu. Gw tanya sumbernya apa, jawabannya tidak lain dan tidak bukan ya liat di twitter lah, liat di facebook lah. Sotoi banget ye, udah friend di fb udah berasa kenal banget sampe bisa ngasih penilaian ke orang. Dan gw mikir apa ada ya orang di luar sana yang nilai gw berdasarkan page2 jejaring sosial gw. Sumpah konyol banget. Lu bukan profile page. Gw bukan profile page.


"Facebook guna banget tau, Yos. Nanti kalo udah lulus, udah misah-misah, kita kontek2an gimana?" ,kata temen gw waktu kami sedikit berdebat perihal ini.
Ya elah, kalo kontek gw yang lu tahu cuman Facebook, artinya lu ga peduli-peduli amat sama hidup mati gw kali. Please deh.

"Tapi jaman kan udah maju, Yos. Kita kan harus ngikutin jaman juga.", kata temen gw yang lain.
Hei, jaman memang berubah, tapi arahnya ga selalu ke depan. Untuk apa juga ngikutin arus yang membawa kita mundur. Dunia sudah menjadi terlalu virtual. Seperti yang gw bilang, orang terlalu peduli sama apa yang terjadi di dunia maya...yang sebenarnya ga ada. Jejaring sosial menurunkan value segala hal yang disentuhnya. Kenangan, hubungan antar individu, bahkan identitas lu sebagai manusia.

Ok lah gw sendiri harus mengakui bahwa jejaring sosial memang ngasih manfaat. Waktu pertama kali gw opted-out agak struggle juga gw beradaptasi. Tapi ayolah sekarang gw ngajak lu nih mikir, is it really worth it? Apa iya manfaat jejaring sosial itu mengalahkan kepuasan ketika lu ngelakuin segala sesuatunya the old -fashioned way? Kalo sistem ini dibiarin terus gw takut 10 atau 20 tahun lagi kata "bersosialisasi" berubah artinya jadi duduk di depan komputer nulis di "dinding" orang, "berkicau" di dunia semu.


Jujur aja, gw ini tipe orang pemikir, walaupun kadang yang dipikirin hal-hal yang ga penting kayak gini. Tapi kalau gw sudah mencapai kesimpulan, gw akan memegang hasil pemikiran gw itu. Dan hal itu yang gw lakukan. Gw ngeblok akun-akun gw bukan buat sok-sok anti-mainstream ato gimana, sumpah engga. I only wish that the fruit of my thinking doesn't only end up in my head but i can put it into action. And I see this solely as an act of rebellion to what i believe as one of the world's flaw. Gw cuma menolak terbawa arus yang ga membawa gw maju. Itu aja.

Tapi ya itu pemikiran gw. Gw rasa gada yang benar dan salah dalam hal ini, cuma jalan pikiran yang kita pilih aja yang berbeda. Gw pun masih dalam proses belajar untuk jadi orang yang open-minded.

3 comments:

  1. What a good thought it is. Pantas dipikirkan juga oleh orang lain, termasuk saya sendiri.
    Thanks for sharing.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw. komen pertama blog ini setelah sekian tahun. kirain gada yang baca nih blog.hahaha.

      And i do remember you. Funky trolley,kan? sorry link nya ilang pas ganti skin. Putting you back in the list.

      Delete
    2. Ahaha.. Nggak sampe segitunya kali..
      Iya, sori gonta-ganti terus nama blognya. Thanks for relinking. :)

      Delete